Loading...

Pengertian, Macam-Macam dan Contoh Gerak dalam Fisika

Loading...
Advertisement
Dalam aktivitas kita sehari-hari, kita tidak pernah terlepas dari yang namanya gerak. Kita berangkat dan pulang sekolah dikatakan bergerak. Menulis, berjalan, berlari, bersepeda, olahraga dan aktivitas lainnya tidak lepas dari gerak. Lalu apa yang dimaksud dengan gerak itu? Bilamanakah suatu benda dikatakan bergerak? Dan ada berapa jenis gerak dalam fisika? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, simak baik-baik penjelasan berikut ini.

Pengertian Gerak
Gerak didefinisikan sebagai perubahan posisi suatu benda terhadap titik acuan. Titik acuan merupakan titik tempat pengamatan. Untuk lebih memahami mengenai titik acuan perhatikan gambar ilustrasi berikut ini.
Pada suatu hari sodik berangkat dari rumah menuju ke pasar untuk membeli buah-buahan. Jika kita tinjau gambar ilustrasi di atas, terdapat dua titik acuan yaitu rumah sebagai titik acuan 1 dan pasar sebagai titik acuan 2. Jika kita menggunakan rumah sebagai titik acuan, maka sodik dikatakan bergerak menjauh dari titik acuan sedangkan jika kita menganggap pasar sebagai titik acuan maka sodik dikatakan bergerak mendekati titik acuan.

Macam-Macam Gerak
Di dalam ilmu fisika, jenis gerak ada beberapa macam ditinjau dari segi posisi partikel, titik acuan dan bentuk lintasannya. Untuk lebih memahami macam-macam gerak, perhatikan skema berikut ini.

Bagan Macam-Macam Gerak dalam Fisika
macam atau jenis-jenis gerak dalam fisika

Jenis Gerak Berdasarkan Posisi Partikel

Berdasarkan posisi tiap-tiap partikel atau titik dalam suatu benda, jenis gerak dibedakan menjadi 2, yaitu: 

#1 Gerak Translasi 
Gerak translasi adalah gerakan yang berhubungan dengan berpindahnya suatu benda dari satu tempat ke tempat yang lain, di mana setiap partikel atau titik dalam benda selama selang waktu yang tertentu menempuh jarak dan bentuk lintasan yang sama. Untuk lebih jelas mengenai gerak translasi perhatikan ilustrasi berikut ini.

 pengertian atau definisi gerak translasi
Perhatikan gambar di atas, posisi partikel A, B dan C dari posisi awal ke posisi akhir selama selang waktu tertentu menempuh jarak s yang sama dalam lintasan yang lurus. Untuk lintasan yang berbentuk garis lengkung perhatikan gambar berikut.

 pengertian atu definisi gerak translasi
Ketiga posisi partikel dari posisi 1 ke posisi 2 dan seterusnya menempuh jarak dan bentuk lintasan yang sama. 

#2 Gerak Rotasi 
Gerak rotasi atau gerak putar adalah gerakan suatu benda dimana setiap titik atau posisi partikel pada benda mempunyai jarak yang tetap terhadap suatu sumbu tertentu. Untuk lebih jelas mengenai gerak rotasi perhatikan ilustrasi berikut:

 pengertian atau definisi gerak rotasi
Pada gambar ilustrasi di atas, posisi partikel A dan B di setiap lintasan putar selalu tetap terhadap sumbu putar yaitu sebesar rA dan rB.

Jenis Gerak Berdasarkan Titik Acuan
Berdasarkan titik acuannya, jenis gerak dibedakan menjadi 2, yaitu: 

#1 Gerak Semu 
Gerak semu adalah gerak suatu benda yang sebenarnya diam tetapi seolah-olah tampak bergerak. Gerak semu ini biasanya terjadi apabila seorang pengamat berada pada tempat yang bergerak dengan kecepatan tinggi. 

#2 Gerak Relatif 
Gerak relatif maksudnya adalah suatu benda dikatakan bergerak apabila diamati dari titik acuan tertentu, namun belum tentu bergerak jika diamati pada titik acuan yang lain.

Jenis Gerak Berdasarkan Bentuk Lintasan
#1 Gerak Lurus 
Gerak lurus adalah gerak suatu benda dengan lintasan berupa garis lurus. Berdasarkan besar kecepatannya linearnya, gerak lurus dibedakan menjadi 2, yaitu: 

A. Gerak Lurus Beraturan (GLB) 
Gerak lurus beraturan atau GLB adalah gerak suatu benda pada lintasan lurus dengan kecepatan konstan (tetap). 

B. Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) 
Gerak lurus berubah beraturan adalah gerak suatu benda pada lintasan yang lurus dengan kecepatan yang berubah-ubah secara beraturan. GLBB berdasarkan nilai percepatan dibedakan menjadi 2, yaitu: 

1) Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) dipercepat 
GLBB dipercepat adalah gerak benda pada lintasan yang lurus dengan percepatan yang selalu bertambah selama selang waktu tertentu.

2) Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) diperlambat 
GLBB diperlambat adalah gerak benda pada lintasan yang lurus dengan percepatan yang selalu berkurang selama selang waktu tertentu.

Sedangkan berdasarkan aplikasi atau penerapan dalam kehidupan sehari-hari, GLBB terdiri atas 3 macam, yaitu: 

1) Gerak Jatuh Bebas (GJB) 
Gerak jatuh bebas atau GJB adalah gerak suatu benda dari ketinggian tertentu secara bebas lurus menuju pusat gravitasi bumi tanpa ada campur tangan gaya lain selain gaya gravitasi bumi. 

2) Gerak Vertikal ke Bawah (GVB) 
Pengertian gerak vertikal ke bawah atau GVB hampir sama dengan pengertian gerak jatuh bebas (GJB) bedanya adalah kalau pada GJB tidak ada pengaruh gaya lain selain gaya gravitasi sedangkan pada GVB ada pengaruh atau campur tangan gaya lain, misalkan gaya lempar seseorang dan sebagainya. 

3) Gerak Vertikal ke Atas (GVA) 
Gerak vertikal ke atas adalah gerak suatu benda ke arah atas lurus menjauhi pusat gravitasi bumi. Gerak GVA hanya bisa terjadi dengan disengaja alias ada pengaruh gaya lain yang lebih besar dari gaya gravitasi bumi. 

#2 Gerak Parabola 
Gerak parabola adalah gerak suatu benda yang membentuk lintasan parabola (setengah lingkaran). Menurut Galileo, gerak parabola dapat terjadi karena hasil perpaduan antara gerak lurus beraturan pada sumbu horizontal dan gerak lurus berubah beraturan pada sumbu vertikal. 

#3 Gerak Melingkar 
Gerak Melingkar adalah gerak suatu benda yang lintasannya berupa lingkaran mengelilingi suatu titik tetap (sumbu putar). Berdasarkan besar kecepatan sudutnya, gerak melingkar dibedakan menjadi 2 yaitu: 

A. Gerak Melingkar Beraturan (GMB) 
Gerak melingkar beraturan atau GMB adalah gerak suatu benda yang lintasannya berupa lingkaran dengan kecepatan sudut tetap. 

B. Gerak Melingkar Berubah Beraturan (GMBB) 
Gerak melingkar berubah beraturan atau GMBB adalah gerak suatu benda yang lintasannya berupa lingkaran dengan kecepatan sudut tetap berubah-ubah secara beraturan. 

Contoh Gerak

No.
Jenis Gerak
Contoh Gerak dalam Kehidupan Sehari-hari
1
Gerak Translasi
Gerakan penghapus ketika digunakan untuk membersihkan papan tulis
2
Gerak Rotasi
Gerakan CD dalam alat CD Player
3
Gerak Semu
Gerakan matahari yang seolah-olah mengelilingi bumi padahal sebaliknya
4
Gerak Relatif
Misalnya seseorang yang sedang naik kereta api. Orang tersebut dikatakan bergerak apabila titik acuannya adalah stasiun tetapi dikatakan diam apabila acuannya adalah kereta api.
5
Gerak Lurus
Seorang pemain bola basket yang melakukan Chest Pass bola kepada rekannya.
6
Gerak Parabola
Seorang pemain bola basket yang melakukan tembakan 3 point ke arah keranjang bola.
7
Gerak Melingkar
Gerakan jarum jam analog
8
Gerak Lurus Beraturan (GLB)
Seseorang yang mengendarai sepeda motor pada jalan raya yang lurus dengan kecepatan tetap.
9
Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)
Seseorang yang mengendarai sepeda motor pada jalan raya yang lurus kemudian dia menambah dan mengurangi kecepatannya secara berkala
10
Gerak Melingkar Beraturan (GMB)
Putaran roda sepeda motor pada contoh nomor 8
11
Gerak Melingkar Berubah Beraturan (GMBB)
Putaran roda sepeda motor pada contoh nomor 9
12
Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) dipercepat
Seseorang yang sedang mengendarai sepeda di jalan turunan lurus tanpa pengereman
13
Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) diperlambat
Seseorang yang sedang mengendarai sepeda di jalan tanjakan lurus
14
Gerak Jatuh Bebas (GJB)
Buah kelapa jatuh dari pohonnya
15
Gerak Vertikal ke Bawah (GVB)
Seseorang yang melemparkan suatu benda dari atap gedung secara lurus ke bawah
16
Gerak Vertikal ke Atas (GVA)
Seseorang yang melemparkan suatu benda ke atas secara lurus

Demikianlah artikel tentang pengertian gerak, macam-macam gerak dan contoh gerak secara fisika dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Terimakasih atas kunjungannya dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Post a Comment

Mohon berkomentar secara bijak dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik permasalahan dalam artikel ini. Dan jangan ikut sertakan link promosi dalam bentuk apapun.
Terimakasih.

emo-but-icon

Home item

Materi Terbaru