Loading...

Perbedaan Konsep, Rumus dan Grafik pada GLB dan GLBB

Loading...
Advertisement
Di dalam fisika, terdapat bermacam-macam jenis gerak, salah satunya adalah gerak lurus. Nah gerak lurus ini dibagi lagi menjadi dua yaitu gerak lurus beraturan atau GLB dan gerak lurus berubah beraturan atau GLBB. Sebenarnya kedua jenis gerak lurus tersebut sudah pernah dibahas sebelumnya, oleh karena itu dalam artikel ini hanya akan dibahas poin-poin penting yang membedakan GLB dengan GLBB.

1. Perbedaan Konsep GLB dengan GLBB
Gerak Lurus Beraturan (GLB) adalah gerak suatu benda pada lintasan lurus dengan kecepatan tetap dalam selang waktu yang sama. Konsep gerak lurus beraturan diilustrasikan dengan gambar berikut ini.
Ilustrasi konsep teori Gerak Lurus Beraturan (GLB)
Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) adalah gerak suatu benda pada lintasan lurus dengan kecepatan yang selalu berubah secara beraturan. Konsep atau teori tentang gerak lurus berubah beraturan diilustrasikan dengan gambar berikut ini.
Ilustrasi konsep teori Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)
Jadi pada intinya perbedaan yang signifikan dari GLB dan GLBB adalah kecepatannya. Pada GLB kecepatan tetap berarti percepatan nol, sedangkan pada GLBB kecepatan berubah berarti percepatannya tidak nol, karena percepatan inilah yang menyebabkan perubahan kecepatan.

Tabel Perbedaan Kecepatan dan Percepatan pada GLB dan GLBB

Besaran
GLB
GLBB
Kecepatan
v = tetap/konstan
v = berubah
Percepatan
a = 0
a = tetap/konstan

2. Perbedaan Rumus GLB dengan GLBB

Dari tabel perbedaan kecepatan dan percepatan di atas, nilai v dan a pada GLB dan GLBB berbeda sehingga rumus besaran fisika seperti jarak dan kecepatan pada masing-masing jenis gerak juga berbeda. Rumus-rumus dalam GLB dan GLBB adalah sebagai berikut.

Tabel Perbandingan Rumus pada GLB dan GLBB

Rumus
GLB
GLBB
Jarak
st = s0 + vt
st = s0 + v0t + ½ at2 
Kecepatan
vt
=
s

vt = v0 + at 
t

vt2 = v02 + 2as



Keterangan:
s0
=
jarak awal ketika t = 0 (m)
st
=
jarak pada saat t detik (m)
v0
=
kecepatan awal (m/s)
vt
=
kecepatan pada saat t detik (m/s)
a
=
percepatan (m/s2)
t
=
waktu (s)

3. Perbedaan Grafik GLB dengan GLBB

Grafik GLB dan GLBB ada tiga macam, yaitu grafik s-t, grafik v-t dan grafik a-t. Sudah dijelaskan di awal tadi bahwa yang membedakan GLB dengan GLBB adalah besar kecepatan benda sehingga bentuk grafik gerak juga berbeda. Khusus dalam grafik GLBB terdapat dua jenis gerak yaitu GLBB dipercepat dan GLBB diperlambat.

Grafik Hubungan Jarak terhadap Waktu (Grafik s-t) pada GLB dan GLBB

Perbedaan Grafik Hubungan Jarak terhadap Waktu (Grafik s-t) pada GLB dan GLBB
Kita tahu bahwa rumus kecepatan adalah jarak dibagi waktu (s/t). Dari gambar grafik s-t di atas, bentuk kurva GLB adalah garis lurus dimana seiring bertambahnya waktu, jarak yang ditempuh juga akan bertambah secara teratur. Hal ini mengandung makna bahwa kecepatan benda selalu konstan atau stabil setiap saat.

Sedangkan bentuk kurva GLBB adalah garis lengkung (parabola). Untuk gerak lurus berubah beraturan dipercepat kurva berbentuk parabola terbuka ke atas, ini menunjukkan bahwa seiring bertambahnya waktu, jarak yang ditempuh benda akan semakin bertambah besar sehingga benda mengalami percepatan.

Untuk gerak lurus berubah beratuan diperlambat, kurva berbentuk parabola terbuka ke bawah. Hal ini mengindikasikan bahwa seiring bertambahnya waktu,  jarak yang dapat ditempuh benda akan semakin menurun disebabkan benda mengalamiperlambatan.

Grafik Hubungan Kecepatan terhadap Waktu (Grafik v-t) pada GLB dan GLBB

Perbedaan Grafik Hubungan Kecepatan terhadap Waktu (Grafik v-t) pada GLB dan GLBB
Perhatikan gambar grafik v-t di atas. Pada GLB bentuk kurva lurus horizontal sehingga nilai kecepatan benda akan selalu sama setiap saat. Untuk GLBB dipercepat bentuk kurva linear ke atas yang mengindikasikan bahwa seiring bertambahnya waktu, kecepatan bertambah besar secara teratur. Pertambahan kecepatan ini karena ada percepatan.
Sedangkan pada GLBB diperlambat, bentuk kurva linear ke bawah. Hal ini mengandung arti bahwa seiring pertambahan waktu besar kecepatan benda semakin berkurang secara teratur. Pengurangan kecepatan ini karena pengaruh perlambatan.

Grafik Hubungan Percepatan terhadap Waktu (Grafik a-t) pada GLB dan GLBB

Perbedaan Grafik Hubungan Percepatan terhadap Waktu (Grafik a-t) pada GLB dan GLBB
Percepatan merupakan besaran vektor sehingga selain memiliki nilai, percepatan juga memiliki arah. Pada GLB, besar percepatannya adalah nol sehingga bentuk kurvanya adalah lurus horizontal dan berhimpit dengan sumbu waktu (positif) yang menunjukkan bahwa nilai percepatan pada GLB selalu nol.

Untuk GLBB dipercepat, kurva berbentuk lurus horizontal dan berada pada sumbu percepatan (positif) hal ini menunjukkan bahwa pada GLBB dipercepat benda mengalami percepatan yang berharga positif (+a) sedangkan pada GLBB diperlambat, kurvanya terletak pada sumbu percepatan (negatif) yang berarti bahwa pada GLBB dipercepat benda mengalami percepatan yang berharga negatif (-a) yang disebut sebagai perlambatan.

Demikianlah artikel tentang perbedaan konsep, rumus dan grafik antara gerak lurus beraturan (GLB) dengan gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Terimakasih atas kunjungannya dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Post a Comment

Mohon berkomentar secara bijak dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik permasalahan dalam artikel ini. Dan jangan ikut sertakan link promosi dalam bentuk apapun.
Terimakasih.

emo-but-icon

Home item

Materi Terbaru