Loading...

Cara Melukis Bayangan pada 2 Cermin Datar Membentuk Sudut

Loading...
Advertisement
Apabila sebuah objek atau benda diletakkan di depan sebuah cermin datar, maka pada cermin tersebut akan terbentuk  sebuah bayangan yang bersifat tegak, maya, sama besar, saling berhadapan, serta jarak bayangan ke cermin sama dengan jarak benda ke cermin. Lalu apa yang akan terjadi jika sebuah objek diletakkan di antara dua cermin datar yang disusun membentuk sudut tertentu? Coba kalian amati gambar di bawah ini.

jumlah bayangan yang terbentuk pada 2 cermin datar membentuk sudut
Pada gambar di atas, sebuah objek yang diletakkan di antara dua cermin datar yang membentuk sudut 120° akan terbentuk 2 buah bayangan, pada cermin yang membentuk sudut 72° akan terbentuk 4 buah bayangan, sedangkan pada cermin yang membentuk sudut 50° hampir terbentuk 6 bayangan.

Hal ini menunjukkan bahwa semakin kecil sudut apit antara dua cermin maka jumlah bayangan yang dihasilkan akan semakin banyak. Secara matematis, rumus untuk menentukan jumlah bayangan pada dua cermin datar adalah sebagai berikut.
n
=
360°
1
θ

Keterangan:
n = jumlah bayangan
θ = sudut apit kedua cermin

Lalu tahukah kalian bagaimana cara menggambarkan proses pembentukan bayangan benda yang diletakkan di antara 2 cermin datar yang membentuk sudut tertentu? Nah, pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai cara mudah melukiskan pembentukan bayangan benda yang diletakkan di antara dua cermin datar dengan sudut apit tertentu. Silahkan kalian simak baik-baik penjelasan berikut ini dan selamat belajar.

Cara Melukis Pembentukan Bayangan

Konsep yang akan kita gunakan untuk melukiskan pembentukan bayangan pada dua cermin datar yang disusun membentuk sudut tertentu adalah menggunakan Hukum Snellius pada pemantulan cahaya. Masih ingatkah kalian dengan Hukum tersebut? Jika lupa, mari kita ingat kembali. Bunyi 3 Hukum Snellius adalah sebagai berikut.
1) Sinar datang, garis normal dan sinar pantul terletak pada satu bidang datar.
2) Sudut datang sama dengan sudut pantul. Secara matematis, persamaan sudut datang dan sudut pantul dituliskan dalam bentuk rumus berikut.
θi = θr

3) Sinar datang tegak lurus cermin akan dipantulkan kembali.

Kita cukup menggunakan Hukum Snellius yang ke-3 saja dalam menggambarkan pembentukan bayangan pada dua cermin datar, supaya lebih mudah dan sederhana. Dari bunyi Hukum Snellius yang ketiga tersebut menyatakan bahwa sinar datang tegak lurus cermin akan dipantulkan kembali. Hal ini mengindikasikan kepada kita bahwa:
Jarak bayangan ke cermin
=
jarak benda ke cermin
s
=
s

Berangkat dari konsep tersebut, maka kita dapat melukiskan pembentukan bayangan pada dua cermin datar yang mengapit sudut. Misalkan sebuah objek titik terletak di antara dua cermin datar yang membentuk sudut 45°. Maka langkah-langkah menggambar bayangan yang terbentuk adalah sebagai berikut.
cara mudah melukis bayangan pada 2 cermin datar yang disusun membentuk sudut tertentu
Langkah #1, gambarkan perpanjangan cermin I dan cermin II dalam bentuk garis putus-putus. Kemudian, tentukan jarak objek ke permukaan cermin I dan cermin II. Jarak tersebut merupakan sinar datang yang tegak lurus menuju cermin dari objek seperti yang diperlihatkan pada gambar berikut ini.
cara mudah melukis bayangan pada 2 cermin datar yang disusun membentuk sudut tertentu
Langkah #2, lukislah bayangan objek pada cermin I dan cermin II dengan ketentuan bahwa jarak bayangan ke cermin sama dengan jarak benda ke cermin seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut ini.
cara mudah melukis bayangan pada 2 cermin datar yang disusun membentuk sudut tertentu
Langkah #3, gambarkan bayangan dari bayangan 1 pada cermin II dan bayangan dari bayangan 2 pada cermin I. Jarak bayangan kedua ini harus sama dengan jarak bayangan pertama pada cermin yang bersangkutan seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut ini.
cara mudah melukis bayangan pada 2 cermin datar yang disusun membentuk sudut tertentu
Langkah #4, lukislah bayangan dari bayangan 1 pada cermin I dan bayangan dari bayangan 2 pada cermin II. Sama seperti langkah sebelumnya, garis harus tegak lurus cermin dan jarak bayangan-bayangan ke cermin juga harus sama seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut.
cara mudah melukis bayangan pada 2 cermin datar yang disusun membentuk sudut tertentu
Langkah #5, kemudian gambarkan bayangan dari bayangan 1’’ pada cermin II dan bayangan dari bayangan 2’’ pada cermin I. Kedua bayangan tersebut akan bertemu pada satu titik yang sama seperti yang diperlihatkan pada gambar berikut ini.
cara mudah melukis bayangan pada 2 cermin datar yang disusun membentuk sudut tertentu
Bayangan 1’’2’’ adalah bayangan terakhir yang tebentuk karena sudah tidak bisa lagi dipantulkan oleh cermin I maupun cermin II. Dengan demikian, jumlah bayangan yang terbentuk pada dua cermin datar yang disusun membentuk sudut 45° adalah 7 buah bayangan. Hal ini sesuai dengan rumus di atas. bayangan-bayangan yang terbentuk tersebut adalah sebagai berikut.
1) Bayangan 1 adalah bayangan dari objek yang dibentuk oleh cermin I, di mana jarak bayangan 1 ke cermin I sama dengan jarak objek ke cermin 1.
2) bayangan 2 adalah bayangan dari objek yang dibentuk oleh cermin II.
3) bayangan 1 adalah bayangan dari bayangan 1 yang dibentuk oleh cermin II.
4) bayangan 2 adalah bayangan dari bayangan 2 yang dibentuk oleh cermin I.
5) bayangan 1’’ adalah bayangan dari bayangan 1 yang dibentuk oleh cermin I.
6) bayangan 2’’ adalah bayangan dari bayangan 2 yang dibentuk oleh cermin II.
7) bayangan 1’’2’’ adalah bayangan dari bayangan 1’’ yang dibentuk oleh cermin II atau bayangan dari bayangan 2’’ yang dibentuk oleh cermin I.

Post a Comment

Mohon berkomentar secara bijak dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik permasalahan dalam artikel ini. Dan jangan ikut sertakan link promosi dalam bentuk apapun.
Terimakasih.

emo-but-icon

Home item

Materi Terbaru