Loading...

6 Macam Sifat Bayangan Pada Cermin Cembung dan Contohnya

Loading...
Advertisement
Selain cermin datar dan cermin cekung, terdapat pula cermin cembung. Cermin cembung adalah cermin lengkung yang bagian luarnya dapat memantulkan cahaya. Cermin cembung merupakan cermin yang terbentuk dari suatu bola dengan lapisan sebelah luar yang berfungsi sebagai cermin. Jarak permukaan/bidang cermin terhadap titik pusat bola pembentuknya disebut jari-jari. Setengah dari jari-jari terdapat suatu titik yang dinamakan titik fokus dari cermin tersebut. Titik fokus dilambangkan dengan F sedangkan jari-jari dilambangkan R.

letak titik fokus, jarak fokus, jari-jari dan pusat kelengkungan cermin cembung
Titik fokus (F) cermin cembung berada di belakang cermin. Oleh karena itu, jarak fokus (f) cermin cembung bernilai negatif. Sehingga cermin cembung disebut juga cermin negatif. Cermin cembung (konveks) merupakan cermin divergen, yakni bersifat menyebarkan sinar. Perhatikan gambar di bawah ini. Sinar-sinar yang menuju cermin akan dipantulkan menyebar oleh permukaan cermin cembung. Apabila ditarik garis perpanjangan sinar-sinar pantulnya, maka garis-garis tersebut akan berpotongan pada suatu titik. Titik ini yang dinamakan titik fokus.

cermin cembung bersifat divergen atau mengumpulkan sinar
Baca: Pemantulan Cahaya pada Cermin Cembung, Contoh Soal dan Pembahasan

Pada cermin cembung terdapat tiga sinar istimewa yang dapat digunakan untuk melukis bayangan benda. Tiga sinar istimewa tersebut adalah sebagai berikut.
 Sinar datang sejajar sumbu utama dipantulkan seolah-olah berasal dari titik fokus (F).
 Sinar datang yang menuju titik fokus (F) dipantulkan sejajar sumbu utama.
 Sinar datang yang menuju ke titik pusat kelengkungan (M) dipantulkan kembali seolah-olah berasal dari titik pusat kelengkungan tersebut.
sinar-sinar istimewa pada cermin cembung

Dengan menggunakan bantuan dua dari tiga sinar istimewa pada cermin cembung di atas, maka kita dapat menggambarkan pembentukan bayangan pada cermin cembung. Coba kalian amati gambar berikut ini.
pembentukan dan sifat bayangan pada cermin cembung
Gambar (a) di atas memperlihatkan pembentukan bayangan pada cermin cembung untuk benda yang diletakkan jauh dari cermin. Dengan menggunakan sinar istimewa pada cermin cembung, diperoleh bayangan yang sifatnya maya, tegak, diperkecil dan terletak di belakang cermin dengan jarak bayangan ke cermin lebih kecil dari jarak benda ke cermin. Lalu bagaimana jika benda diletakkan dekat dengan cermin? Bagaimana sifat-sifat bayangannya?


Pembentukan bayangan benda yang terletak dekat dengan cermin cembung diperlihatkan pada gambar (b). Berdasarkan gambar nampak bahwa sifat bayangan yang dihasilkan ternyata sama saja yaitu maya, tegak, diperkecil dan terletak di belakang cermin dengan s < s. Dengan demikian, dapat kita simpulkan bahwa sifat-sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin cembung adalah sebagai berikut:

Sifat-Sifat Bayangan pada Cermin Cembung
Maya
Tegak
Diperkecil
Terletak di belakang cermin, yaitu di antara titik pusat optik (O) dan titik fokus (F).
Jarak bayangan lebih kecil dari jarak benda (s < s)
Jarak bayangan selalu bernilai negatif (s = )

Sifat-sifat bayangan yang dihasilkan oleh cermin cembung tersebut membuat cermin ini banyak digunakan dalam berbagai keperluan. Contohnya adalah digunakan sebagai kaca spion pada mobil. Dengan adanya kaca spion kita dapat mengamati kendaraan yang ada dibelakang dengan rentang pandangan yang lebar karena sifatnya yang memang menyebarkan cahaya (divergen).
penerapan sifat-sifat bayangan cermin cembung pada kaca spion mobil
Namun, meskipun sudah dilengkapi dengan spion, pengemudi tetap tidak dapat menduga jarak kendaraan yang mendekatinya berdasarkan ukuran atau kedudukan bayangan di dalam cermin. Seperti yang kalian ketahui, bayangan maya yang dihasilkan oleh cermin cembung ukurannya lebih kecil, sehingga menimbulkan kesan benda sebenarnya di belakang mobil itu tampak lebih jauh bila dilihat melalui kaca spion. Artinya, benda yang sebenarnya sudah dekat itu terlihat masih jauh lewat kaca spion.

Untuk mengatasi hal itu, maka digunakan pula cermin datar yang terletak di bagian atas dekat bangku kemudi. Dengan menggunakan cermin datar, jarak mobil lain yang berada di belakang mobil kita, dapat ditentukan dengan lebih tepat. Selain pada kaca spion mobil, cermin cembung juga banyak digunakan di tempat-tempat tertentu seperti lorong-lorong sebuah toko swalayan, pabrik, maupun ruang perkantoran. Penggunaan cermin cembung ini tidak lepas dari sifatnya yang menyebarkan sinar pantul sehingga memungkinkan diperoleh daerah pandang yang luas.

Post a Comment

Mohon berkomentar secara bijak dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik permasalahan dalam artikel ini. Dan jangan ikut sertakan link promosi dalam bentuk apapun.
Terimakasih.

emo-but-icon

Home item

Materi Terbaru