Loading...

20 Macam Bagian Mata dan Fungsinya Lengkap dengan Gambar Ilustrasi

Loading...
Advertisement
Tahukah kalian apa yang dimaksud dengan alat optik? Alat optik adalah alat yang bekerja berdasarkan prinsip pembiasan dan pemantulan cahaya. Dengan alat optik, kita dapat melihat benda atau makhluk hidup yang ukurannya sangat kecil misalnya bakteri dan virus, dan dapat melihat dengan jelas benda-benda yang sangat jauh di luar angkasa seperti bulan, bintang, dan benda langit lainnya, serta merekam berbagai peristiwa penting dalam bentuk video atau film.

Bagian utama dari alat optik adalah cermin atau lensa, karena prinsip kerjanya mengacu pada konsep pemantulan dan pembiasan cahaya. Dapatkah kalian menyebutkan apa saja yang termasuk alat optik? Kamerea, lup, mikroskop, dan teleskop merupkan contoh alat-alat optik. Apakah mata juga termasuk alat optik? Tentu saja, karena pada mata terdapat bagian yang disebut lensa yang bekerja berdasarkan prinsip pembiasan cahaya.

Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya
Mata kita merupakan alat optik alamiah, ciptaan Tuhan yang sangat berharga. Mata merupakan indra pengelihatan dan merupakan organ yang dapat menangkap perubahan dan perbedaan cahaya. Organ ini bekerja dengan cara menerima, memfokuskan, dan menstransmisikan cahaya melalui lensa untuk menghasilkan bayangan objek yang dilihatnya. Struktur anatomi dasar dan bagian-bagian mata tampak seperti pada gambar berikut ini. 

struktur anatomi mata, bagian-bagian dan fungsinya lengkap
1. Lensa mata
Lensa mata merupakan benda bening berbentuk cembung yang terdapat di dalam bola mata dan terletak persis di belakang iris. Lensa mata berfungsi memfokuskan agar cahaya atau bayangan yang masuk jatuh di retina. Lensa mata dapat memipih dan mencembung. Kemampuan ini disebut daya akomodasi mata. Mata akan mencembung jika melihat benda-benda yang dekat dan memipih jika melihat benda yang letaknya jauh.

2. Kornea
Kornea merupakan selaput luar mata yang tidak berwarna (bening). Kornea berfungsi melindungi bagian-bagian mata yang berada di dalamnya. Selain itu, juga berfungsi menerima rangsangan cahaya dan meneruskannya sampai ke mata bagian dalam. Kornea selalu bersih karena dibasahi oleh air mata yang dihasilkan kelenjar air mata.

3. Pupil
Pupil adalah bagian mata yang berupa sebuah lubang kecil yang berfungsi mengatur jumlah cahaya yang masuk ke bola mata. Besar kecilnya pupil diatur oleh iris. Ketika cahaya yang datang terlalu terang, pupil akan mengecil. Sedangkan saat cahaya yang datang terlalu redup, pupil akan membesar. Mekanisme kerja pupil ini membantu mata agar dapat menerima cahaya dalam jumlah tepat.

4. Iris
Iris adalah lapisan di depan lensa yang dapat memberikan warna pada mata. Misalnya, warna coklat, hitam, hijau, dan biru. Iris berfungsi mengatur banyaknya cahaya yang masuk ke mata. Jika cahaya yang masuk mata terlalu terang, iris akan menyipit. Penyipitan ini menyebabkan pupil mengecil. Akibatnya, cahaya yang masuk mata sedikit. Jika cahaya terlalu redup, iris akan melebar sehingga pupil akan membesar dan mengakibatkan cahaya yang masuk mata lebih banyak.

5. Retina
Retina merupakan lapisan paling dalam dari bola mata. Retina berfungsi menerima cahaya dan tempat jatuhnya bayangan benda. Retina terdiri atas serangkaian saraf dan alat penerima (reseptor) yang rumit, dinamakan dengan sel batang (rods) dan sel kerucut (cones) yang berfungsi untuk mengubah energi cahaya menjadi sinyal listrik yang berjalan di sepanjang serabut saraf.

6. Otot Akomodasi (Otot Siliar)

Otot akomodasi atau otot siliar atau otot lensa adalah otot yang menempel pada lensa mata. Bagian ini berfungsi mengatur kelengkungan lensa mata. Pengaturan kelengkungan ini diperlukan agar bayangan benda jatuh tepat di retina.

7. Aqueous humor
Aqueous humour merupakan cairan di depan lensa mata untuk membiaskan cahaya ke dalam mata.

8. Vitreus humor
Vitreous humour adalah cairan di dalam bola mata yang berfungsi untuk meneruskan cahaya dari lensa ke retina. Bersama dengan Aqueous humour, vitreous humour berfungsi memberi bentuk pada mata serta mengukuhkan mata.

9. Bintik kuning
Bintik kuning adalah bagian mata yang paling sensitif terhadap cahaya. Saat bayangan benda jatuh pada bagian mata ini, benda tersebut akan sangat terlihat jelas, sementara jika bayangan benda jatuh sebelum atau sesudah bintik kuning, maka benda tersebut tidak terlihat jelas (lamur).

10. Bintik buta
Bintik buta atau blind spot adalah bagian mata yang tidak sensitif terhadap cahaya. Jika bayangan benda jatuh tepat pada bagian ini, maka benda tampak tidak jelas/kabur atau bahkan tidak dapat terlihat oleh mata.

11. Saraf Optik
Syaraf optik adalah bagian mata yang berfungsi meneruskan informasi bayangan benda yang diterima retina menuju otak. Melalui saraf inilah sebetulnya kita dapat menentukan bagaimana bentuk suatu benda yang kita lihat. Jika syaraf optik ini rusak, itu berarti kita tidak dapat melihat alias buta.

12. Sklera
Sklera adalah bagian dinding putih mata. Bagian ini memiliki ketebalan rata-rata sekitar 1 mm, akan tetapi ia juga dapat menebal hingga 3 mm karena adanya otot irensi. Sklera berfungsi untuk melindungi bola mata terhadap ganguan luar yang bersifat mekanis (ex. benturan) serta berfungsi untuk menjaga bentuk bola mata.

13. Koroid
Koroid merupakan sebuah membran yang terdiri atas pigmen dan pembuluh darah. Koroid berfungsi untuk memelihara retina dan mencegah terjadinya pemantulan cahaya di dalam ruang internal mata dengan cara menyerap cahaya yang tidak diperlukan.

14. Konjungtiva
Konjungtiva adalah lapisan epidermis lanjutan dari kulit. Konjungtiva berfungsi untuk melindungi kornea mata di bagian depan bola mata terhadap gesekan.

15. Fovea sentralis
Fovea sentralis adalah daerah kecil yang terletak di pusat retina mata dengan diameter 0,25 mm. Pada bagian ini terdapat sel-sel fotoreseptor kerucut dengan bentuk hampir menyerupai sel batang. Fovea sentralis merupakan area yang terspesialisasi untuk penglihatan warna dan visualisasi bayangan secara mendetail.

16. Bulu mata
Bulu mata berfungsi untuk menjaga mata dari masuknya benda-benda asing berukuran kecil seperti debu atau pasir.

17. Alis
Alis berfungsi menahan air keringat atau air yang jatuh dari kening (dahi) agar tidak masuk ke dalam mata. Beberapa orang mencukur alisnya, padahal secara logika mencukur alis sebetulnya tidak baik.

18. Kelopak mata
Kelopak mata berfungsi untuk menjaga bola mata dari masuknya benda asing dari luar mata seperti debu, goresan, pasir, atau asap. Selain itu, bagian mata ini juga berfungsi untuk menyapu bola mata dengan cairan dan mengatur jumlah cahaya yang masuk menuju mata. Fungsi-fungsi dari kelopak mata ini ditunjang oleh mekanisme buka tutup (berkedip) oleh otot kelopak.

19. Kelenjar lakrima
Kelenjar lakrima atau kelenjar air mata adalah bagian mata yang berfungsi menghasilkan air mata. Air mata bermanfaat untuk melembabkan mata, membersihkan mata dari debu, serta mematikan kuman yang masuk ke mata.

20. Saluran air mata
Bagian ini merupakan tempat mengalirnya air mata yang terjadi ketika kita mengalami perasaan sedih, menangis, marah dan juga ketika mata kemasukan benda dari luar serta ketika mata kita sedang lelah.

Post a Comment

Mohon berkomentar secara bijak dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik permasalahan dalam artikel ini. Dan jangan ikut sertakan link promosi dalam bentuk apapun.
Terimakasih.

emo-but-icon

Home item

Materi Terbaru